Jumat, Juni 15, 2012

Manga Museum

Museum Manga - Jepang

Koleksi dan cara museum ini menampilkan koleksi membuat museum tak pernah sepi pengunjung karena orang berduyun-duyun datang dan menikmatinya.
Siapa yang tak kenal Doraemon ? Tokoh komik kucing berwarna biru putih yang punya kantong ajaib itu telah lama menjadi bagian dari masa kecil sebagian warga indonesia . Di negeri asalnya, Doraemon pun memiliki tempat yang istimewa.
Bersama 300.000 komik dan manga, Doraemon menjadi "Penghuni" Kyoto International Manga Museum. Di museum ini pengunjung bisa membaca koleksi komik dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Kyoto International Manga Museum dibuka pertama kali pada November 2006. Manga Jepang telah memiliki penggemar tersendiri di dunia. Kata Manga pun telah menjadi bahasa internasional.Pendirian museum ini diharapkan bisa mengembangkan budaya baru Jepang itu ke kalangan yang lebih luas.


Gedung museum terdiri atas tiga lantai. Bagian luar bangunannya modern, tetapi lantai kayu yang berderit saat seseorang melangkah menandakan usia bangunan bekas Sekolah Dasar Tatsuike yang dibangun tahun 1869 itu.

Di lantai satu pengunjung bisa menikmati koleksi Manga untuk anak-anak. Ada ruang baca yang nyaman dengan tempat duduk dan karpet warna-warni bagi pengunjung untuk membaca manga. Pada hari kerja siapa saja bisa masuk, tetapi pada akhir pekan hanya anak-anak usia SD dan orangtua atau pendampingnya yang boleh masuk.

Lantai dua adalah galeri pameran utama. Pengunjung bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan : bagaimana manga dibuat, apakah manga sama dengan animasi, atau apakah seniman manga bisa kaya.

Adapun lantai tiga merupakan ruang untuk referensi penelitian manga. Selain itu, ada pula koleksi untuk manga "dewasa". 

Di halaman museum ada semacam teras dan tanah lapang dengan rumput sintetis. Di tempat itu, pengunjung bisa membaca koleksi komik dengan lebih nyaman, bisa sambil tiduran.

0 komentar:

Posting Komentar